Bosda SMA/SMK di Lampung Disalurkan September



BANDAR LAMPUNG (Lampost.co) -- Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Atas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Diona Katharina mengatakan penyaluran dana bantuan operasional sekolah daerah (Bosda) dari Pemerintah Provinsi Lampung untuk siswa SMA/ SMK dilakukan bulan September 2017.
“Saat ini kami sedang melakukan verifikasi data, karena ada sedikit perbedaan antara data awal yang kami terima saat peralihan sekolah dengan data setelah dilakukan survei, terutama dari siswa biling,” katanya, Selasa (22/8/2017).
Ia mengatakan verifikasi data Bosda yang telah diterima pihaknya dari SMA/SMK negeri dan swasta dari empat daerah meliputi Bandar Lampung, Way Kanan, Lampung Barat, dan Lampung Utara, dapat terselesaikan pada pekan ini.
“Teman-teman sedang turun kelapangan ke SMA dan SMK di Bandar Lampung dan Lampung Utara, menemui sekolah yang mengusulkan Bosda, terutama sekolah yang ada selisih jumlah datanya, setelah itu baru kami tentukan langkah selanjutnya,” kata dia.
Menurut Diona, hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya perbedaan data antara sekolah dan Disdikbud Lampung karena berkaitan dengan jumlah anggaran yang akan disalurkan ke sekolah.
“Mungkin, waktu peralihan dari kabupaten/kota ke Provinsi ada data yang tercecer, inilah yang sedang kami verifikasi. Sebab, waktu lalu sedikit terburu-buru memberikan data kepada kami,” katanya.
Dia mengatakan teknis penyaluran Bosda akan serentak dilakukan pada seluruh SMA/ SMK ke rekening sekolah melalui Bank Lampung sebanyak satu semester.
“Kalau kelas XI dan XII, SMA/SMK kami sudah salurkan waktu lalu untuk satu semester. Insya Allah, bulan depan kami akan salurkan Bosda untuk kelas X, di empat daerah itu,” ujarnya.
Dia menambahkan bila masih terdapat siswa SMA/ SMK dari ekonomi kurang mampu belum terdata sekolah untuk mendapatkan Bosda, pihaknya tetap melayani dan mengakomodasi hal tersebut.
“Bosda ini untuk peningkatan mutu kelembagaan sekolah menengah, jangan sampai ada siswa miskin terlewatkan tidak mendapatkan bantuan. Mudah-mudahan dengan program yang diberikan Pak Gubernur ini dapat meningkatkan kualitas siswa dan sekolah itu sendiri,” kata dia. 

Sumber: lampost.co


EmoticonEmoticon