Memburu Sunset di Pantai Kedu

Pantai Kedu  di Lampung Selatan, Lampung, menjadi salah satu tujuan wisatawan melihat sunset dan foto praweeding. Foto: Lampost.co


KALIANDA (Lampost.co)--Dikenal sebagai kawasan yang rawan akan aksi tindak kriminal dan tempat pembuangan sampah, kini pesisir pantai yang terletak di Jalan Sinar Laut, Lingkungan 4, Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan, menjadi salah satu tujuan favorit untuk pemburu sunset (matahari terbenam) dan sesi foto preweeding.

Destinasi wisata baru dengan jarak tempuh sekitar 600 meter dari jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Masjid Agung Kubah Intan, Kalianda, itu adalah Pantai Kedu (Pusaran Air).

“Dulu, warga yang melintasi jalan sepanjang pesisir pantai ini sering menjadi korban penodongan lantaran lokasi sepi dan jauh dari permukiman. Selain rawan,  dulu juga sampah menggunung karena dijadikan lokasi pembuangan sampah. Namun, sejak dikelola warga enam bulan lalu, pantai ini menjadi ramai dan aman, “ kata salah satu anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdawis) Pantai Kedu ditemui di lokasi pantai, Rabu (30/8/2017).

Menurut dia, setiap hari Pantai Kedu dijaga secara bergantian oleh tujuh anak muda dari 70 orang jumlah anggota Pokdawis yang mayoritas kaum muda putus sekolah. “Mereka (anak muda anggota Pokdawis) tidak lagi ugal-ugalan, mabuk-mabukan dan menyusahkan orang tua. Kini mereka mendapatkan penghasilan dan tidak menganggur. Orang tua mereka sampai mengucapkan terima kasih ke Pokdawis,” ujar Ramad.

Selain Pokdawis, katanya,  Pantai Kedu mempunyai 15 orang penjaga pantai dengan pola kerja satu hari satu penjaga pantai. “Pantai ini mempunyai pusaran dan arus dalam yang kuat. Jadi tidak aman untuk mandi di laut. Untuk itu, dibutuhkan penjaga pantai untuk mengawasi aktivitas pengunjung,” kata Rahmad.

Sumber: https://goo.gl/TVyAFa


EmoticonEmoticon